Tuesday, June 26, 2012

"LIVE ATC". yuk dengarkan komunikasi dalam penerbangan

"LIVE ATC". yuk dengarkan komunikasi dalam penerbangan

Dalam dunia penerbangan komunikasi antara pilot dan petugas ground atau air traffic controler (ATC) sangatlah penting. ATC memandu pesawat mulai dari menyalakan mesin di bandara asal sampai mematikan mesin pesawat di bandara tujuan. Pernahkah anda mendengar komunikasi antar keduanya?, sebenarnya simpel saja anda tinggal membeli alat untuk menangkap sinyal percakapan mereka. Alatnya bernama Airband Receiver, dari namanya saja ada receiver yang artinya hanya bisa mendengarkan saja tidak bisa mengirimkan informasi. Tidak bisa mengirimkan karena komunikasi ATC sangat penting dan tidak boleh ada yang mentransmisi karena menggangu komunikasi keduanya. Baik kalau tidak mau beli alatnya ada solusi yang lebih mudah.

Bagi anda yang menggunakan smartphone berbasiskan os android bisa mencoba aplikasi "LIVE ATC". Live Atc merupakan aplikasi dari liveatc.net yaitu versi webnya. Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi berbayar dengan harga $2,99 dolar dan belum ada versi gratisnya. Untuk menggunakan aplikasi ini diperlukan koneksi internet. Sedikit saya mencoba mereview.

Tampilan awal ketika anda membuka aplikasi ini mirip dengan versi webnya. terdapat beberapa fitur, diantaranya USA, Countries, Top50, HF, USARTCC, Nearby, Favorites, Search, Setting.

a. USA, fitur ini menampilkan ATC yang ada di amerika seperti, JFK, LA, dan lain-lain
b. Countries, Fitur ini berguna jika anda ingin mendengarkan ATC dari negara selain amerika, seperti jepang, hongkong, inggris, singapore dan lain-lain. Namun sayangnya indonesia belum ada. 
c. Top 50, Fitur ini berisi 50 ATC yang masuk 50 top yang paling banyak di akses.
d. HF, fitur ini khusus untuk ATC High Frekuensi seperti Atlantic NAT, Pacific Oceanic, dan lain-lain
e. USARTCC, fitur ini berisi Air Route Traffic Control Center seperti ZLA Sectors 16/34.
f. Nearby, fitur ini berguna secara otomatis mencari ATC terdekat dari anda, kalau di indonesia yang terdekat singapore dan australia. Jarak atau radius bisa diatur pada fitur setting, bisa 5000 km dari anda atau lebih tergantung radius yang anda inginkan.
g. Favorite, Fitur ini berisi atc favorit pengguna, jika anda suka mendengar singapore maka anda bisa memasukkannya ke fitur ini.
h. Search, Fitur ini berguna untuk mencari ATC yang anda inginkan secara cepat.
i. Setting , Fitur ini berguna untuk mengatur radius ATC terdekat dari anda, mengatur menu, auto start channel, enable sleep timer, dan time duration.

Cara menggunakannya dengan memilih ATC yang anda ingin dengarkan dan aplikasi ini akan memutarkan secara auto jika anda mengaktifkan auto start channel. Berikut gambar yang saya ambil dari www.play.google.com


































Baiklah sekian review dari saya, JIka anda penasaran bisa langsung mendownloadnya secara berbayar di play google.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More